Friday 25 January 2013

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

                                                  Manfaat Tanaman Kumis Kucing



Tanaman Kumis Kucing adalah tanaman obat yang cukup mudah kita temukan, karena tanaman ini bisa hidup di mana saja.
Kumis kucing ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi antara 1-2 meter. Yang paling mudah dikenali dari tanaman ini adalah bunganya yang terdapat rambut-rambut putih panjang mirip dengan kumis kucing.
Tanaman kumis kucing ini memang terlihat sebagai perdu, tumbuhan yang tampak tidak berguna. Namun jangan salah, tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat bagikesehatan.

Kandungan Kumis Kucing
Tanaman yang sering digunakan obat ini memiliki berbagai zat kimia, seperti minyak atsiri, minyak lemak, garam kalium, tanin, ortosifonin,sapofonin, dan lain-lain. Zat-zat inilah yang nantinya akan sangat berguna bagi pengobatan.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing
Tanaman kumis kucing dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan.
• Mengobati gangguan saluran kencing
Tanaman kumis kucing bisa dimanfaatkan sebagai obat gangguan saluran kencing, seperti susah kencing, kencing yang disertai rasa nyeri (dalam bahasa Jawa disebut anyang-anyangan) ataupun batu ginjal.
Cara membuat obatnya pun cukup mudah. Anda tinggal mengambil atau memetik beberapa daun kumis kucing, kira-kira sebanyak 30 gram. Campur dengan daun meniran, lalu keduanya direbus sampai airnya mendidih. Setelah itu minum air rebusan kumis kucing tadi.
Kandungan ortosifonin dan garam kalium yang ada pada kumis kucing mampu melarutkan asam fosfat dan oksalat dalam tubuh (kandung kemih, ginjal, dan empedu) sehingga mencegah terjadinya pengendapan di ginjal (batu ginjal).

• Mengobati darah tinggi
Untuk mengobati penyakit yang satu ini, cukup siapkan daun tanaman kumis kucing yang sudah dikeringkan (dijemur). Seduh dengan air panas seperti membuat teh. Minum seduhan air tersebut sehari sekali untuk menurunkan darah tinggi Anda.  

• Demam
Jika terserang demam, Anda bisa mengobatinya dengan tanaman kumis kucing. Siapkan akar kumis kucing secukupnya dan cucilah sampai bersih.
Setelah itu rebus akar tanaman kumis kucing ini sampai air mendidih. Lalu diamkan sampai dingin, saring, dan minum air hasil rebusan ini.

• Mengobati keputihan
Bagi Anda para wanita yang memiliki problem keputihan, tidak perlu bingung. Anda cukup meminum air rebusan daun kumis kucing untuk mengobatinya. Zat tanin dan saponin yang ada dalam kumis kucing cukup ampuh untuk mengobati keputihan.
Itu adalah beberapa contoh manfaat tanaman kumis kucing sebagaiobat alternatif yang murah dan cukup mudah untuk dibuat.
Anda tertarik untuk membudi dayakan tanaman ini? Tidak sulit untuk memelihara tanaman obat yang satu ini.
Budi Daya Tanaman Kumis Kucing
Tanaman kumis kucing bisa tumbuh secara baik dan mudah di dataran rendah sampai ketinggian sedang (antara 0-1000 meter di atas permukaan laut).
Cara membudi dayakan tanaman ini bisa dengan stek, yaitu memotong batang yang sudah cukup tua kira-kira sepanjang 20-30 cm. Setelah itu tinggal tanam di tanah langsung atau bisa di polybag terlebih dahulu. Siram secara teratur dan jangan terlalu banyak mendapat sinar matahari.
Umumnya, akar dan tunas tanaman kumis kucing yang baru distek akan muncul setelah 10-15 hari. Kalau Anda menanamnya di polybag, Anda bisa pindahkan tanaman ini ke tanah setelah akar-akar tersebut muncul. Kalau sudah dipindahkan di tanah lapang, Anda tinggal merawatnya seperti tanaman-tanaman lain. Siram air dan beri pupuksecara teratur agar tanaman kumis kucing ini bisa tumbuh dengan baik.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review