Friday 29 June 2012

Pengertian Korupsi dan Macam-Macamnya

-->

Kasus korupsi dan upaya pemberantasanya
DEFINISI KORUPSI :
     korupsi menurut KBBI adalah korup artinya buruk,rusak,busuk;suka memakai barang (uang) yang dipercayakan kepadanya;dapat disogok(memakai kekuasaannya untuk kepentingan pribadi). Adapun “korupsi” artinya penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara(perusahaan,dsb) untuk kepentingan pribadi atau orang lain.
Macam-macam korrupsi :
1.    Korupsi transaktif
2.    Korupsi investif
3.    Korupsi ekstroktif
4.    Korupsi nepotistik
5.    Korupsi autogenetik
6.    Korupsi suportif

Macam-macam Korupsi :
1.    Korupsi transaktif
    Korupsi jenis ini ditandai adanya kesepakatan timbal balik antara pihak yang memberi dan menerima demi keuntungan bersama, dan kedua pihak sama-sama aktif menjalankan perbuatan tersebut.
Contohnya :
 a.Penunjukan langsung pproyek yang seharusnya melalui tender
 b.Penjualan aset pemerintah dengan harga murah

2.    Korupsi Investif
    korupsi investif adalah korupsi yang melibatkan suatu penawaran barang atau jasa tanpa adanya pertalian langsung dengan keuangan tertentubagi pemberi, selain keuntungan yang diharapkan akan diperoleh di masa datang
Contohnya :
Pejabat meminta balas budi pengusaha yang mendapatkan proyek . Kebiasaaan ini membuat pengusaha selalu menyisihkan sebagian dana proyek dengan mengurangi kualitas proyek untuk biaya “entertainment (hiburan)” ini.

3.    Korupsi Ekstroktif
      korupsi kategori ini menyatakan bentuk-bentuk koersi (paksaan) tertentu di mana pihak pemberi dipaksa untuk guna mencegah kerugian yang mengancam dirinya, kepentingan, kelompok , atau hal-hal berharga miliknya :
Contohnya :
Seorang pemimpin proyek secara langsung maupun tidak mendapat tekanan untuk menyetor sejumlah uang kepada pejabat di atasnya. Jika tidak , ia bisa kehilangan kesempatan untuk menjadi pimpinan pada proyek-proyek berikutnya

4.    Korupsi Nepotistik
   Korupsi nepotistik berupa pemberian perlakuan khusus kepada teman atau mereka yang mempunyai kedekatan hubungan dalam rangkamenduduki jabatan republik.
Contohnya :
Anak atau keluarga pejabat mendapat jatah proyek paling banyak , juga memiliki peran besar dalam mengatur siapa yang layak melaksanakan proyek-proyek pemerintah.

5.    Korupsi Autogenetik
     Korupsi autogenetik adalah korupsi yang di lakukan individu karena memiliki kesempatan untuk mendapat keuntungan dari pengetahuan dan pemahamnya atas sesuatu yang hanya diketahui seorang diri.
Contohnya :
seorang penjabat penting melakukan klaim biaya perjalanan dinas tahunan dengan jumlah hari melebihi jumlah hari dalam setahun.

UPAYA PEMBERANTASAN KORUPSI :
      mencari, memperoleh , dan memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana korupsi
      mencari, memperoleh, dan memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi pidana korupsi kepada penegak hukum yang menangani pekara tindak pidana korupsi
       Menyampaikan saran dan pendapat secara tanggung jawab kepada penegak hukum yang menangani perkara tindak pidana korupsi.

3 comments:

Unknown said...

Gan mau nanya gimana cara buat efek yang diblog agan ini please tipsnya !!!

Mega*Uut Tech said...

cari di internet banyak gan......
gk perlu susah2

Disini Kami Berkumpul said...

request copas ya gan buat tugas

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review