Friday 29 June 2012

HAMA LALAT BUAH PADA TANAMAN MANGGA

Hama Lalat Buah Pada Tanaman Mangga

http://r4dreview.org/wp-content/uploads/2009/10/11bactrocera-invadens-ovipositing-in-a-mango-fruit.jpg,http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSaRlVYcKbFCgUkpNL2j2yXPoYqWfrCIB-3BGI-aBoZmQYOSN-_
 

















SUMBER :


Hama lalat buah (Dacus Pedestris) pada tanaman mangga  :
Ø  Tanaman yang diserang :
Buah mangga
Ø  Ciri-ciri :
-          Terdapat bintik-bintik hitam pada buah mangga, yang memiliki bekas dalam pada buah mangga.
-          mangga menjadi busuk
-          Banyak ulat ( dihasilkan dari telur lalat yang menetas )
Ø  Gejala :
-          Gejala awal yaitu pada kulit buah yang terserang tampak titik noda hitam yang merupakan bekas tusukan ovipositor saat meletakan telur.  Apabila buah dibelah, akan telihat belatung atau larva lalat buah. Larva akan merusak daging buah sehingga menjadi busuk dan gugur sebelum tua/masak.  Buah yang gugur ini akan menjadi sumber serangan jika tidak dimusnahkan.

-          Buah yang terserang ditandai oleh lubang titik hitam pada bagian pangkalnya, tempat serangga dewasa memasukkan telur. Umumnya telur diletakkan pada buah yang agak tersembunyi dan tidak terkena sinar matahari langsung, pada buah yang agak lunak dengan permukaan agak kasar. Larva membuat saluran di dalam buah dengan memakan daging buah serta menghisap cairan buah dan dapat menyebabkan terjadi infeksi oleh OPT lain, buah menjadi busuk dan biasanya jatuh ke tanah sebelum larva berubah menjadi pupa.


Ø  Cara pengendalian :
-          Memetik buah yang terserang
-          Menyemprot tanaman dengan insektisida desis 2,5 EC
-          Memasang trap/jebakan berupa botol aqua besar yang didalamnya sudah diberi kapas yang mengandung petrogenol dan insektisida curacron 500 EC.
-          Menggunakan perangkap kertas kuning yang dilapisi lem
-          Membungkus buah saat masih kecil atau berumur sekitar satu bulan sejak bunga mekar, pembungkusan dapat dilakukan dengan kertas semen, plastik, atau daun pisang kering.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review